M Rizqi Fiqih Thalib - RK - Tugas 7 : Pembuatan Spesifikasi Sistem Kasir

Deskripsi Moka Pos

Moka sendiri adalah sistem POS berbasis mobile untuk pelaku usaha kecil dan menengah. Moka menyediakan perangkat lengkap bagi para penjual agar bisa menjalankan seluruh bisnis. Layaknya standar aplikasi POS, pelaku UMKM dapat melakukan beragam hal seputar penjualan dan inventory. Mulai dari membuat kategori barang, stok, harga, keterangan tambahan dan membuat laporan bisnis dengan cepat dan secara real time dimanapun dan kapanpun. MokaPOS memungkinkan pelaku bisnis untuk melakukan transaksi pembayaran dari konsumen dengan menggunakan kartu kredit maupun kartu debit. Tidak hanya itu, tersedia juga fitur untuk pengelolaan karyawan serta manajemen data dan feedback dari pelanggan. Dengan menawarkan tiga paket berdasarkan jumlah item yang dipilih pengguna, Moka juga bisa mengakomodir diskon bagi para penjual melalui kerjasama dengan pihak bank. Hal pertama yang dibutuhkan dari aplikasi ini adalah dengan mendownload dan menginstalnya di perangkat iPad serta membuat akun pengguna. Dan dapatkan update fitur-fitur terbaru secara gratis. Selain itu, berkat basis cloud yang digunakan oleh aplikasi ini, pelaku bisnis dapat mengelola usahanya kapanpun dan dimanapun dengan cukup melakukan sign in ke akun yang dimilikinya. Baru-baru ini Jurnal yang merupakan platform software akuntansi bekerjasama dengan MokaPos, untuk mengembangkan fitur integrasi untuk mensinkronisasi data. Fitur integrasi ini memungkinkan seluruh Data Penjualan, Produk dan Pelanggan dari Moka POS akan terinput ke Jurnal secara otomatis dengan hanya beberapa klik saja. Selain untuk mengurangi kemungkinan human error, fitur ini juga bisa menghemat waktu dalam proses penginputan.



Spsifikasi Moka Pos



Fungsional: 
  • (SKPL-F01) Sistem menyediakan fitur bagi penjual melakukan registrasi.
  • (SKPL-F02) Sistem menyediakan fitur bagi penjual melakukan login.
  • (SKPL-F03) Sistem memungkinkan admin untuk melakukan manajemen cabang.
  • (SKPL-F04) Sistem memungkinkan penjual bisa melakukan split bill sesuai permintaan customer.
  • (SKPL-F05) Sistem menyediakan fitur agar penjual bisa memilih metode pembayaran customer.
  • (SKPL-F06) Sistem memungkinkan penjual melaukan manajemen order dari customer.
  • (SKPL-F07) Sistem memungkinkan penjual melakukan manajemen customer.
  • (SKPL-F08) Sistem memungkinkan penjual melakukan pembatalan pembelian item sesuai permintaan customer dengan authorization code.
  • (SKPL-F09) Sistem memungkinkan penjual melakukan manajemen stok item.
  • (SKPL-F10) Sistem memungkinkan penjual melakukan manajemen diskon pada item.
  • (SKPL-F11) Sistem memungkinkan penjual bisa melakukan pemilihan jenis transaksi penjualan (dine in atau take away).
  • (SKPL-F12) Sistem memungkinkan penjual melakukan manajemen karyawan.
  • (SKPL-F13) Sistem memungkinkan pemjual untuk menerima pembayaran menggunakan e-wallet.
  • (SKPL-F14) Sistem memungkinkan pembeli membayar menggunakan e-wallet. 
  • (SKPL-F15) Sistem menyediakan fitur bagi penjual untuk melakukan pengiriman receipt kepada customer melalui email dan nomor hp.
  • (SKPL-F16) Sistem menyediakn fitur agar penjual bisa mencetak receipt.
Non-Fungsional:
  • (SKPL-NF01) Aplikasi dapat diakses menggunakan perangkat mobile atau PC.
  • (SKPL-NF02) Sistem dapat diakses 24 jam sehari, 7 hari seminggu.
  • (SKPL-NF03) Sistem harus memiliki latensi rendah. 
  • (SKPL-NF04) Sistem harus dapat menangani permintaan secara bersamaan. 
  • (SKPL-NF05) Sistem harus dapat menjamin keamanan transaksi penjualan.
  • (SKPL-NF06) Sistem mewajibkan user untuk login sebelum mengakses sistem sepenuhnya.

Spesifikasi Fungsional

(SKPL-F01)sistem harus dapat membuat fitur log in agar pengguna bisa masuk. 



(SKPL-F02) sistem dapat menyediakan pilihan outlet usaha milik pengguna untuk diakses oleh pengguna tersebut. 



(SKPL-F03) Sistem dapat menampilkan produk-produk dari usaha yang merupakan produk favorit untuk memudahkan akses. 



(SKPL-F04) sistem dapat mengubah produk pada halaman sesuai dengan pilihan pengguna. 




(SKPL-F05) sistem harus dapat menampilkan library produk. 



(SKPL-F06) sistem harus dapat membuat shift baru dengan mendata uang tunai awal. 


(SKPL-F07)sistem dapat menambahkan data pada bill sesuai dengan masukan pengguna yaitu kuantitas, tipe, dan diskon. 



(SKPL-F08) sistem harus dapat melakukan manajemen data customer.



(SKPL-F09) sistem harus dapat memproses pembayaran tunai sesuai dengan input yang diberikan. 


(SKPL-F10)   sistem harus dapat memproses pembayaran sesuai dengan pilihan E-Wallet customer. 

(SKPL-F11)  sistem harus dapat memproses pembayaran sesuai dengan pilihan EDC customer. 


(SKPL-F12)  sistem harus dapat memproses pembayaran sesuai dengan metode yang dimiliki oleh ojek online (Gopay/Other). 

(SKPL-F13)sistem dapat mengirimkan struk secara digital. 



(SKPL-F14) sistem dapat mencetak bill dengan menggunakan printer. 


(SKPL-F15) sistem dapat memungkinkan pengguna menyimpan nama bill untuk dibuka kembali. 



(SKPL-F16) sistem dapat menampilkan riwayat secara detail sesuai dengan shift. 



(SKPL-F17) sistem harus dapat melakukan split bill. 


(SKPL-F18) sistem harus membuat otorisasi terhadap pengguna.  




(SKPL-F19) sistem harus dapat menampilkan laporan aktivitas saat shift sesuai dengan yang telah dilalui oleh pengguna. 


(SKPL-F20)  Sistem harus dapat melakukan manajemen shift berupa opsi shift, shift sekarang, dan riwayat shift. 


(SKPL-F21)sistem harus dapat mengakhiri shift pengguna dengan menyimpan data tersebut. 


(SKPL-F22)sistem dapat memungkinkan pengguna untuk log out dari akun. 


Komentar

Postingan populer dari blog ini

M Rizqi Fiqih Thalib - Tugas 1 - Rekayasa Kebutuhan